Pemeriksaan Inspektorat Desa Ponggok Kegiatan Tahun 2019

Administrator, 21 November 2019 06:30:45 WIB

"Secara teknis pemeriksaan Inspektorat Daerah adalah menelusuri penggunaan dan pengelolaan adminitrasi keuangan sehingga dapat mengungkap terjadi atau tidaknya penyimpangan," kata Deni Eko Purwanto Pendamping Desa Kec. Pacitan.

Oleh karena itu, berharap kepada para pihak yang mendapat kesempatan diperiksa oleh Inspektorat Daerah agar membukakan akses seluas-luasnya dalam hal perolehan informasi dan data.

Pemeriksaan Inspektorat daerah dapat pula berdampak secara hukum jika seseorang atau lembaga yang diberi kewenangan mengelolah keuangan negara tidak taat petunjuk pemeriksa.

"Ya, kalau disarankan memperbaiki adminitrasi laporan atau pula diwajibkan mengembalikan sejumlah uang karena secara adminitrasi tidak dapat dipertanggungjawabkan maka harus taat," katanya.

Jika tidak kooperatif maka jangan salahkan pihak pemeriksa atau elemen peduli pemeberantasan korupsi menyuarakan dugaan terjadi tindak pidana korupsi, katanya.

Inspektorat Daerah Kab. Pacitan sedang memeriksa para kepada desa berkenaan penggunaan alokasi dana dana (ADD), dan Dana Desa (DD) dan dana lain yang bersumber dari APBD. Pemeriksaan bukan karena adanya laporan masyarakat atau lembaga-lembaga independet lainnya tetapi merupakan tugas rutin.

Di desa banyak kegiatan yang bersumber dari APBDesa yang dikerjakan oleh Pemdes. Jadi memonitor kegiatannya, terus mengevaluasi hasil kegiatan, dengan harapan tidak ada kegiatan yang menyimpang," katanya.

Ditambahkan, hasil pemeriksaan oleh tim inspektorat nantinya akan ditindaklanjut dalam bentuk pembinaan.

Artikel Terkini

Maaf, belum ada data

Belum ada artikel yang dituliskan dalam Artikel Terkini.

Silakan kunjungi situs web kami dalam waktu dekat.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ponggok

tampilkan dalam peta lebih besar